Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
1.
MATA KULIAH
|
Matematika
Ekonomi Lanjutan
|
||
2.
KODE MATA KULIAH
|
EKU
201
|
||
3.
WAKTU PERTEMUAN
|
Kuliah
: 150 menit, Kegiatan terstruktur : 90 menit, Kegiatan Mandiri : 60 menit
|
||
4.
PERTEMUAN KE-
|
1
|
||
5.
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Mahasiswa dapat
menghitung dan menyelesaikan dasar-dasar matriks
|
||
6.
MATERI POKOK
|
DASAR-
DASAR M A T R I K S
1.
Pengertian Matriks
2.
Definisi dan Notasi
Matriks
3.
Dimensi Matriks
4.
Jenis-jenis
Matriks
5.
Operasi Matriks
6.
Matriks
Partisi
7.
Aplikasi
dalam Bidang Ekonomi
8.
Latihan
Soal-soal/Membedah Kasus
|
||
7.
PENGALAMAN BELAJAR
|
Mahasiswa
mempelajari dan mendiskusikan dasar-dasar matriks
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
TAHAPAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan
silabus, SAP, Kontrak Kuliah, Penilaian dan SOP Dosen; memberikan ulasan umum
isi mata kuliah, dasar-dasar matriks
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
SAP,
Silabus, Rencana dan Jadwal Study Guide, Text Book, Tugas Terstruktur,
Diktat, Slide Presentasi
|
Penyajian
|
Menjelaskan
pengertian matriks, definisi, notasi matriks, dimensi matriks, jenis-jenis
matriks, operasi matriks, matriks partisi, aplikasi dalam bidang ekonomi
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
Idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok bahasan, memberikan evaluasi dan memberikan materi tugas latihan
terstruktur/mandiri
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
|
Idem
|
Post
Test
|
Ujian
tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk
sikap
|
||
Referensi
|
1.
Budnick,S. Frank.Applied Mathematics for Business, Economics,and The
Social Sciences.Ed.ke–4. Singapo re:
Mc Graw-Hill,1993
2. Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New
York: Mc Graw-Hill,1984
3. Dowling,Edward
T. Intruduction Mathematical Economics.
Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992
4.
Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi
Lanjutan Ed.Ke –1. Denpasar : Keraras
Emas,2002(wajib)
5.
Weber,Jean
E. Analisis Matematik,Penerapan Bisnis
dan Ekonomi. Jilid 1 dan 2.Edisi ke-4.Jakarta: Erlangga,1982 (Alih bahasa: Drs.Stephen Kakicina, MBA).
|
||
|
Dosen
:
Tanda
Tangan
|
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
1.
MATA KULIAH
|
Matematika
Ekonomi Lanjutan
|
||
2.
KODE MATA KULIAH
|
EKU
201
|
||
3.
WAKTU PERTEMUAN
|
Kuliah
: 150 menit, Kegiatan terstruktur : 90 menit, Kegiatan Mandiri : 60 menit
|
||
4.
PERTEMUAN KE-
|
2
|
||
5.
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Mahasiswa dapat
menghitung determinan matriks
|
||
6.
MATERI POKOK
|
DETERMINAN SUATU MATRIKS
1.
Determinan tingkat Dua
2.
Determinan
tingkat Tiga
3.
Determinan
tingkat lebih
tinggi
4.
Sifat-sifat
Determinan
5.
Nilai
Eigen dan Vektor Eigen
6.
Latihan
Soal-soal
|
||
7.
PENGALAMAN BELAJAR
|
Mahasiswa
mempelajari dan mendiskusikan determinan matriks
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
TAHAPAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan
ulasan umum isi mata kuliah, determinan matriks
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
SAP,
Silabus, Rencana dan Jadwal Study Guide, Text Book, Tugas Terstruktur,
Diktat, Slide Presentasi
|
Penyajian
|
Menjelaskan
determinan tingkat dua, tingkat tiga, tingkat tiga lebih tinggi, sifat-sifat
determinan, nilai eigen, vektor eigen
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
Idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok bahasan, memberikan evaluasi dan memberikan materi tugas latihan
terstruktur/mandiri
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
|
Idem
|
Post
Test
|
Ujian
tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk
sikap
|
||
Referensi
|
1.
Budnick,S. Frank.Applied Mathematics for Business, Economics,and The
Social Sciences.Ed.ke–4. Singapo re:
Mc Graw-Hill,1993
2. Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New
York: Mc Graw-Hill,1984
3. Dowling,Edward
T. Intruduction Mathematical Economics.
Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992
4.
Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi
Lanjutan Ed.Ke –1. Denpasar : Keraras Emas,2002(wajib)
5.
Weber,Jean E. Analisis
Matematik,Penerapan Bisnis dan Ekonomi. Jilid 1 dan 2.Edisi ke-4.Jakarta:
Erlangga,1982 (Alih bahasa:
Drs.Stephen Kakicina, MBA).
|
||
|
Dosen
:
Tanda
Tangan
|
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
1.
MATA KULIAH
|
Matematika
Ekonomi Lanjutan
|
||
2.
KODE MATA KULIAH
|
EKU
201
|
||
3.
WAKTU PERTEMUAN
|
Kuliah
: 150 menit, Kegiatan terstruktur : 90 menit, Kegiatan Mandiri : 60 menit
|
||
4.
PERTEMUAN KE-
|
3
|
||
5.
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Mahasiswa
dapat mencari invers dan rank suatu matriks
|
||
6.
MATERI POKOK
|
INVERS DAN RANK SUATU MATRIKS
1. Pengolahan
Dasar Matriks
2. Matriks Ajoint dan Matriks Kofaktor
3. Invers
suatu Matriks
4. Rank
Suatu Matriks
5.
Latihan Soal-soal
|
||
7.
PENGALAMAN BELAJAR
|
Mahasiswa
mempelajari dan mendiskusikan invers dan rank suatu matriks
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
TAHAPAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan
ulasan umum isi mata kuliah, invers dan rank suatu matriks
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
SAP,
Silabus, Rencana dan Jadwal Study Guide, Text Book, Tugas Terstruktur,
Diktat, Slide Presentasi
|
Penyajian
|
Menjelaskan
pengolahan dasar matriks, matriks ajoint, matriks kofaktor, invers suatu
matriks, rank suatu matriks
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
Idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok bahasan, memberikan evaluasi dan memberikan materi tugas latihan
terstruktur/mandiri
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
|
Idem
|
Post
Test
|
Ujian
tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk
sikap
|
||
Referensi
|
1. Budnick,S. Frank.Applied
Mathematics for Business, Economics,and The Social Sciences.Ed.ke–4.
Singapo re: Mc Graw-Hill,1993
2. Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New
York: Mc Graw-Hill,1984
3. Dowling,Edward
T. Intruduction Mathematical Economics.
Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992
4.
Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi
Lanjutan Ed.Ke –1. Denpasar : Keraras
Emas,2002(wajib)
5.
Weber,Jean E. Analisis
Matematik,Penerapan Bisnis dan Ekonomi. Jilid 1 dan 2.Edisi ke-4.Jakarta:
Erlangga,1982 (Alih bahasa:
Drs.Stephen Kakicina, MBA).
|
||
|
Dosen
:
Tanda
Tangan
|
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
1.
MATA KULIAH
|
Matematika
Ekonomi Lanjutan
|
||
2.
KODE MATA KULIAH
|
EKU
201
|
||
3.
WAKTU PERTEMUAN
|
Kuliah
: 150 menit, Kegiatan terstruktur : 90 menit, Kegiatan Mandiri : 60 menit
|
||
4.
PERTEMUAN KE-
|
4
|
||
5.
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Mahasiswa
dapat menghitung dan menyelesaikan persamaan linear simultan
|
||
6.
MATERI POKOK
|
PERSAMAAN LINEAR SIMULTAN
1. Persamaan
Matriks
2.
Sistem Dua persamaan linear dengan Dua variabel
3. Sistem
Tiga persamaan linear dengan Tiga variabel
|
||
7.
PENGALAMAN BELAJAR
|
Mahasiswa
mempelajari dan mendiskusikan persamaan linear simultan
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
TAHAPAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan
ulasan persamaan linear simultan
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
SAP,
Silabus, Rencana dan Jadwal Study Guide, Text Book, Tugas Terstruktur,
Diktat, Slide Presentasi
|
Penyajian
|
Menjelaskan
persamaan matriks, sistem dua persamaan linear dengan dua variabel dan sistem
tiga persamaan linear dengan tiga variabel
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
Idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok bahasan, memberikan evaluasi dan memberikan materi tugas latihan
terstruktur/mandiri
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
|
Idem
|
Post
Test
|
Ujian
tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk
sikap
|
||
Referensi
|
1. Budnick,S. Frank.Applied
Mathematics for Business, Economics,and The Social Sciences.Ed.ke–4.
Singapo re: Mc Graw-Hill,1993
2. Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New
York: Mc Graw-Hill,1984
3. Dowling,Edward
T. Intruduction Mathematical Economics.
Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992
4.
Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi
Lanjutan Ed.Ke –1. Denpasar : Keraras
Emas,2002(wajib)
5.
Weber,Jean
E. Analisis Matematik,Penerapan Bisnis
dan Ekonomi. Jilid 1 dan 2.Edisi ke-4.Jakarta: Erlangga,1982 (Alih bahasa: Drs.Stephen Kakicina, MBA).
|
||
|
Dosen
:
Tanda
Tangan
|
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
1.
MATA KULIAH
|
Matematika
Ekonomi Lanjutan
|
||
2.
KODE MATA KULIAH
|
EKU
201
|
||
3.
WAKTU PERTEMUAN
|
Kuliah
: 150 menit, Kegiatan terstruktur : 90 menit, Kegiatan Mandiri : 60 menit
|
||
4.
PERTEMUAN KE-
|
5
|
||
5.
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Mahasiswa
dapat menghitung dan menyelesaikan persamaan linear simultan
menggunakan matriks serta aplikasinya
|
||
6.
MATERI POKOK
|
4.
Penyelesaian Persamaan Linear
Simultan dengan Menggunakan Matriks
5. Aplikasi Persamaan Linear Simultan Dalam
Ekonomi
6. Latihan Soal-soal/ Membedah Kasus
|
||
7.
PENGALAMAN BELAJAR
|
Mahasiswa
mempelajari dan mendiskusikan persamaan linear simultan menggunakan matriks serta
aplikasinya
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
TAHAPAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan
ulasan persamaan linear simultan menggunakan matriks serta
aplikasinya
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
SAP,
Silabus, Rencana dan Jadwal Study Guide, Text Book, Tugas Terstruktur,
Diktat, Slide Presentasi
|
Penyajian
|
Menjelaskan
penyelesaian persamaan linear simultan dengan menggunakan matriks, aplikasi persamaan linear simultan
dalam ekonomi
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
Idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok bahasan, memberikan evaluasi dan memberikan materi tugas latihan
terstruktur/mandiri
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
|
Idem
|
Post
Test
|
Ujian
tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk
sikap
|
||
Referensi
|
1. Budnick,S. Frank.Applied
Mathematics for Business, Economics,and The Social Sciences.Ed.ke–4.
Singapo re: Mc Graw-Hill,1993
2. Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New
York: Mc Graw-Hill,1984
3. Dowling,Edward
T. Intruduction Mathematical Economics.
Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992
4.
Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi
Lanjutan Ed.Ke –1. Denpasar : Keraras
Emas,2002(wajib)
5.
Weber,Jean E. Analisis
Matematik,Penerapan Bisnis dan Ekonomi. Jilid 1 dan 2.Edisi ke-4.Jakarta:
Erlangga,1982 (Alih bahasa:
Drs.Stephen Kakicina, MBA).
|
||
|
Dosen
:
Tanda
Tangan
|
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
1.
MATA KULIAH
|
Matematika
Ekonomi Lanjutan
|
||
2.
KODE MATA KULIAH
|
EKU
201
|
||
3.
WAKTU PERTEMUAN
|
Kuliah
: 150 menit, Kegiatan terstruktur : 90 menit, Kegiatan Mandiri : 60 menit
|
||
4.
PERTEMUAN KE-
|
6
|
||
5.
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Mahasiswa
dapat menyelesaikan analisis input output
|
||
6.
MATERI POKOK
|
ANALISIS INPUT -
OUTPUT
1. Tabel Input - Output
2. Bentuk
Umum Tabel Transaksi Input – Output
3. Matriks Teknologi
|
||
7.
PENGALAMAN BELAJAR
|
Mahasiswa
mempelajari dan mendiskusikan analisis input output
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
TAHAPAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan
ulasan analisis input output
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
SAP,
Silabus, Rencana dan Jadwal Study Guide, Text Book, Tugas Terstruktur,
Diktat, Slide Presentasi
|
Penyajian
|
Menjelaskan
tabel input output, bentuk umum tabel transaksi input output, matriks
teknologi
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
Idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok bahasan, memberikan evaluasi dan memberikan materi tugas latihan
terstruktur/mandiri
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
|
Idem
|
Post
Test
|
Ujian
tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk
sikap
|
||
Referensi
|
1. Budnick,S. Frank.Applied
Mathematics for Business, Economics,and The Social Sciences.Ed.ke–4.
Singapo re: Mc Graw-Hill,1993
2. Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New
York: Mc Graw-Hill,1984
3. Dowling,Edward
T. Intruduction Mathematical Economics.
Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992
4.
Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi
Lanjutan Ed.Ke –1. Denpasar : Keraras
Emas,2002(wajib)
5.
Weber,Jean E. Analisis
Matematik,Penerapan Bisnis dan Ekonomi. Jilid 1 dan 2.Edisi ke-4.Jakarta:
Erlangga,1982 (Alih bahasa:
Drs.Stephen Kakicina, MBA).
|
||
|
Dosen
:
Tanda
Tangan
|
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
1.
MATA KULIAH
|
Matematika
Ekonomi Lanjutan
|
||
2.
KODE MATA KULIAH
|
EKU
201
|
||
3.
WAKTU PERTEMUAN
|
Kuliah
: 150 menit, Kegiatan terstruktur : 90 menit, Kegiatan Mandiri : 60 menit
|
||
4.
PERTEMUAN KE-
|
7
|
||
5.
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Mahasiswa
dapat merumuskan perubahan permintaan akhir dengan perubahan output
|
||
6.
MATERI POKOK
|
1. Kaitan
Perubahan Permintaan akhir dengan Perubahan Output, dan Nilai Tambah
2. Latihan Soal-soal /Membedah Kasus
|
||
7.
PENGALAMAN BELAJAR
|
Mahasiswa
mempelajari dan mendiskusikan perubahan permintaan akhir dengan perubahan
output
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
TAHAPAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan
ulasan perubahan permintaan akhir dengan perubahan output
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
SAP,
Silabus, Rencana dan Jadwal Study Guide, Text Book, Tugas Terstruktur,
Diktat, Slide Presentasi
|
Penyajian
|
Menjelaskan
kaitan perubahan permintaan akhir dengan perubahan output dan nilai tambah
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
Idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok bahasan, memberikan evaluasi dan memberikan materi tugas latihan
terstruktur/mandiri
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
|
Idem
|
Post
Test
|
Ujian
tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk
sikap
|
||
Referensi
|
1. Budnick,S. Frank.Applied
Mathematics for Business, Economics,and The Social Sciences.Ed.ke–4.
Singapo re: Mc Graw-Hill,1993
2. Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New
York: Mc Graw-Hill,1984
3. Dowling,Edward
T. Intruduction Mathematical Economics.
Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992
4.
Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi
Lanjutan Ed.Ke –1. Denpasar : Keraras
Emas,2002(wajib)
5.
Weber,Jean E. Analisis
Matematik,Penerapan Bisnis dan Ekonomi. Jilid 1 dan 2.Edisi ke-4.Jakarta:
Erlangga,1982 (Alih bahasa:
Drs.Stephen Kakicina, MBA).
|
||
|
Dosen
:
Tanda
Tangan
|
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
1.
MATA KULIAH
|
Matematika
Ekonomi Lanjutan
|
||
2.
KODE MATA KULIAH
|
EKU
201
|
||
3.
WAKTU PERTEMUAN
|
Kuliah
: 150 menit, Kegiatan terstruktur : 90 menit, Kegiatan Mandiri : 60 menit
|
||
4.
PERTEMUAN KE-
|
8
|
||
5.
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Mahasiswa
dapat menyelesaikan program linear
|
||
6.
MATERI POKOK
|
P R O G R A M L I N E A R
1. . Batasan Program
Linear
2. . Model Baku
Program Linear
|
||
7.
PENGALAMAN BELAJAR
|
Mahasiswa
mempelajari dan mendiskusikan program linear
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
TAHAPAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan
ulasan program linear
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
SAP,
Silabus, Rencana dan Jadwal Study Guide, Text Book, Tugas Terstruktur,
Diktat, Slide Presentasi
|
Penyajian
|
Menjelaskan
batasan baku program linear dan model baku program linear
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
Idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok bahasan, memberikan evaluasi dan memberikan materi tugas latihan
terstruktur/mandiri
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
|
Idem
|
Post
Test
|
Ujian
tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk
sikap
|
||
Referensi
|
1. Budnick,S. Frank.Applied
Mathematics for Business, Economics,and The Social Sciences.Ed.ke–4.
Singapo re: Mc Graw-Hill,1993
2. Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New
York: Mc Graw-Hill,1984
3. Dowling,Edward
T. Intruduction Mathematical Economics.
Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992
4.
Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi
Lanjutan Ed.Ke –1. Denpasar : Keraras
Emas,2002(wajib)
5.
Weber,Jean E. Analisis
Matematik,Penerapan Bisnis dan Ekonomi. Jilid 1 dan 2.Edisi ke-4.Jakarta:
Erlangga,1982 (Alih bahasa:
Drs.Stephen Kakicina, MBA).
|
||
|
Dosen
:
Tanda
Tangan
|
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
1.
MATA KULIAH
|
Matematika
Ekonomi Lanjutan
|
||
2.
KODE MATA KULIAH
|
EKU
201
|
||
3.
WAKTU PERTEMUAN
|
Kuliah
: 150 menit, Kegiatan terstruktur : 90 menit, Kegiatan Mandiri : 60 menit
|
||
4.
PERTEMUAN KE-
|
9
|
||
5.
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Mahasiswa
dapat menghitung dan menyelesaikan metode analisis program linear dan
dual program linear
|
||
6.
MATERI POKOK
|
3. Metode
Analisis Dari Program
Linear
* Metode Grafik
* Metode simplex
4. Dual Dari Program Linear
5.
Latihan Soal-soal/Membedah Kasus
|
||
7.
PENGALAMAN BELAJAR
|
Mahasiswa mempelajari
dan mendiskusikan metode analisis program linear dan dual program linear
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
TAHAPAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan
ulasan metode analisis program linear dan dual program linear
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
SAP,
Silabus, Rencana dan Jadwal Study Guide, Text Book, Tugas Terstruktur,
Diktat, Slide Presentasi
|
Penyajian
|
Menjelaskan
metode analisis dari program linear ; metode grafik dan metode simplex, dual
dari program linear
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
Idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok bahasan, memberikan evaluasi dan memberikan materi tugas latihan
terstruktur/mandiri
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
|
Idem
|
Post
Test
|
Ujian
tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk
sikap
|
||
Referensi
|
1. Budnick,S. Frank.Applied
Mathematics for Business, Economics,and The Social Sciences.Ed.ke–4.
Singapo re: Mc Graw-Hill,1993
2. Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New
York: Mc Graw-Hill,1984
3. Dowling,Edward
T. Intruduction Mathematical Economics.
Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992
4.
Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi
Lanjutan Ed.Ke –1. Denpasar : Keraras
Emas,2002(wajib)
5.
Weber,Jean E. Analisis
Matematik,Penerapan Bisnis dan Ekonomi. Jilid 1 dan 2.Edisi ke-4.Jakarta:
Erlangga,1982 (Alih bahasa:
Drs.Stephen Kakicina, MBA).
|
||
|
Dosen
:
Tanda
Tangan
|
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
1.
MATA KULIAH
|
Matematika
Ekonomi Lanjutan
|
||
2.
KODE MATA KULIAH
|
EKU
201
|
||
3.
WAKTU PERTEMUAN
|
Kuliah
: 150 menit, Kegiatan terstruktur : 90 menit, Kegiatan Mandiri : 60 menit
|
||
4.
PERTEMUAN KE-
|
10
|
||
5.
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Mahasiswa
dapat menyelesaikan turunan fungsi multivariabel dan aplikasinya dalam
ekonomi
|
||
6.
MATERI POKOK
|
TURUNAN
FUNGSI MULTIVARIABEL DAN APLIKASINYA DALAM EKONOMI
1. .. Turunan
Parsial
2. .. Diferensial
Total,Diferensial Parsial dan Total
Derivatif
|
||
7.
PENGALAMAN BELAJAR
|
Mahasiswa
mempelajari dan mendiskusikan turunan fungsi multivariabel dan aplikasinya
dalam ekonomi
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
TAHAPAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan
ulasan turunan fungsi multivariabel dan aplikasinya dalam
ekonomi
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
SAP,
Silabus, Rencana dan Jadwal Study Guide, Text Book, Tugas Terstruktur,
Diktat, Slide Presentasi
|
Penyajian
|
Menjelaskan
turunan fungsi multivariabel dan aplikasinya dalam ekonomi
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
Idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok bahasan, memberikan evaluasi dan memberikan materi tugas latihan
terstruktur/mandiri
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
|
Idem
|
Post
Test
|
Ujian
tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk
sikap
|
||
Referensi
|
1. Budnick,S. Frank.Applied
Mathematics for Business, Economics,and The Social Sciences.Ed.ke–4.
Singapo re: Mc Graw-Hill,1993
2. Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New
York: Mc Graw-Hill,1984
3. Dowling,Edward
T. Intruduction Mathematical Economics.
Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992
4.
Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi
Lanjutan Ed.Ke –1. Denpasar : Keraras
Emas,2002(wajib)
5.
Weber,Jean E. Analisis
Matematik,Penerapan Bisnis dan Ekonomi. Jilid 1 dan 2.Edisi ke-4.Jakarta:
Erlangga,1982 (Alih bahasa:
Drs.Stephen Kakicina, MBA).
|
||
|
Dosen
:
Tanda
Tangan
|
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
1.
MATA KULIAH
|
Matematika
Ekonomi Lanjutan
|
||
2.
KODE MATA KULIAH
|
EKU
201
|
||
3.
WAKTU PERTEMUAN
|
Kuliah
: 150 menit, Kegiatan terstruktur : 90 menit, Kegiatan Mandiri : 60 menit
|
||
4.
PERTEMUAN KE-
|
11
|
||
5.
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Mahasiswa
dapat menghitung diferensiasi fungsi implisit dan aplikasi turunan parsial
|
||
6.
MATERI POKOK
|
1.
Diferensiasi
Fungsi Implisit
2.
Aplikasi
Turunan Parsial Dalam Ekonomi
3.
Latihan
Soal-soal/Membe dah Kasus
|
||
7.
PENGALAMAN BELAJAR
|
Mahasiswa
mempelajari dan mendiskusikan diferensiasi
fungsi implisit dan aplikasi turunan parsial
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
TAHAPAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan
ulasan diferensiasi fungsi implisit dan aplikasi turunan parsial
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
SAP,
Silabus, Rencana dan Jadwal Study Guide, Text Book, Tugas Terstruktur,
Diktat, Slide Presentasi
|
Penyajian
|
Menjelaskan
diferensiasi fungsi implicit, aplikasi turunan parsial dalam ekonomi
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
Idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok bahasan, memberikan evaluasi dan memberikan materi tugas latihan
terstruktur/mandiri
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
|
Idem
|
Post
Test
|
Ujian
tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk
sikap
|
||
Referensi
|
1. Budnick,S. Frank.Applied
Mathematics for Business, Economics,and The Social Sciences.Ed.ke–4.
Singapo re: Mc Graw-Hill,1993
2. Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New
York: Mc Graw-Hill,1984
3. Dowling,Edward
T. Intruduction Mathematical Economics.
Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992
4.
Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi
Lanjutan Ed.Ke –1. Denpasar : Keraras
Emas,2002(wajib)
5.
Weber,Jean E. Analisis
Matematik,Penerapan Bisnis dan Ekonomi. Jilid 1 dan 2.Edisi ke-4.Jakarta:
Erlangga,1982 (Alih bahasa:
Drs.Stephen Kakicina, MBA).
|
||
|
Dosen
:
Tanda
Tangan
|
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
1.
MATA KULIAH
|
Matematika
Ekonomi Lanjutan
|
||
2.
KODE MATA KULIAH
|
EKU
201
|
||
3.
WAKTU PERTEMUAN
|
Kuliah
: 150 menit, Kegiatan terstruktur : 90 menit, Kegiatan Mandiri : 60 menit
|
||
4.
PERTEMUAN KE-
|
12
|
||
5.
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Mahasiswa
dapat mengidentifikasikan optimisasi fungsi multi variabel dan aplikasinya
dalam ekonomi
|
||
6.
MATERI POKOK
|
OPTIMISASI
FUNGSI MULTIVARIABEL DAN aPLIKASI
NYA DALAM EKONOMI
1. Optimisasi Fungsi Multivariabel Tanpa Kendala
2.
Optimisasi Fungsi
Multivariabel dengan Kendala
|
||
7.
PENGALAMAN BELAJAR
|
Mahasiswa
mempelajari dan mendiskusikan optimisasi
fungsi multivariabel dan aplikasinya dalam ekonomi
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
TAHAPAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan
ulasan optimisasi fungsi multi variabel dan aplikasinya dalam ekonomi
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
SAP,
Silabus, Rencana dan Jadwal Study Guide, Text Book, Tugas Terstruktur,
Diktat, Slide Presentasi
|
Penyajian
|
Menjelaskan
optimisasi fungsi multivariable tanpa kendala dan dengan kendala
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
Idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok bahasan, memberikan evaluasi dan memberikan materi tugas latihan
terstruktur/mandiri
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
|
Idem
|
Post
Test
|
Ujian
tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk
sikap
|
||
Referensi
|
1. Budnick,S. Frank.Applied
Mathematics for Business, Economics,and The Social Sciences.Ed.ke–4.
Singapo re: Mc Graw-Hill,1993
2. Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New
York: Mc Graw-Hill,1984
3. Dowling,Edward
T. Intruduction Mathematical Economics.
Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992
4.
Nata Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi
Lanjutan Ed.Ke –1. Denpasar : Keraras
Emas,2002(wajib)
5.
Weber,Jean E. Analisis
Matematik,Penerapan Bisnis dan Ekonomi. Jilid 1 dan 2.Edisi ke-4.Jakarta:
Erlangga,1982 (Alih bahasa:
Drs.Stephen Kakicina, MBA).
|
||
|
Dosen
:
Tanda
Tangan
|
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
1.
MATA KULIAH
|
Matematika
Ekonomi Lanjutan
|
||
2.
KODE MATA KULIAH
|
EKU
201
|
||
3.
WAKTU PERTEMUAN
|
Kuliah
: 150 menit, Kegiatan terstruktur : 90 menit, Kegiatan Mandiri : 60 menit
|
||
4.
PERTEMUAN KE-
|
13
|
||
5.
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Mahasiswa
dapat menyelesaikan pengganda langrange dan aplikasinya
|
||
6.
MATERI POKOK
|
1.
Arti
Penting Pengganda Lagrange
2.
Aplikasi Optimisasi
Fungsi Multivariabel Dalam Ekonomi
3.
Latihan
Soal-soal/Membedah Kasus
|
||
7.
PENGALAMAN BELAJAR
|
Mahasiswa
mempelajari dan mendiskusikan pengganda langrange dan aplikasinya
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
TAHAPAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan
ulasan pengganda langrange dan aplikasinya
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
SAP,
Silabus, Rencana dan Jadwal Study Guide, Text Book, Tugas Terstruktur,
Diktat, Slide Presentasi
|
Penyajian
|
Menjelaskan
arti penting pengganda langrange, apliasi optimisasi fungsi
multivariabel dalam ekonomi
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
Idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok bahasan, memberikan evaluasi dan memberikan materi tugas latihan
terstruktur/mandiri
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
|
Idem
|
Post
Test
|
Ujian
tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk
sikap
|
||
Referensi
|
1. Budnick,S. Frank.Applied
Mathematics for Business, Economics,and The Social Sciences.Ed.ke–4.
Singapo re: Mc Graw-Hill,1993
2. Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New
York: Mc Graw-Hill,1984
3. Dowling,Edward
T. Intruduction Mathematical Economics.
Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992
4. Nata
Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika
Ekonomi Lanjutan Ed.Ke –1. Denpasar : Keraras
Emas,2002(wajib)
5.
Weber,Jean E. Analisis
Matematik,Penerapan Bisnis dan Ekonomi. Jilid 1 dan 2.Edisi ke-4.Jakarta:
Erlangga,1982 (Alih bahasa:
Drs.Stephen Kakicina, MBA).
|
||
|
Dosen
:
Tanda
Tangan
|
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
1.
MATA KULIAH
|
Matematika
Ekonomi Lanjutan
|
||
2.
KODE MATA KULIAH
|
EKU
201
|
||
3.
WAKTU PERTEMUAN
|
Kuliah
: 150 menit, Kegiatan terstruktur : 90 menit, Kegiatan Mandiri : 60 menit
|
||
4.
PERTEMUAN KE-
|
14
|
||
5.
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
Mahasiswa
dapat menghitung dan menggunakan determinan Jacobian, Hessian
|
||
6.
MATERI POKOK
|
DETERMINAN
JACOBIAN DAN HESSIAN
1. Determinan Jacobian
2. Determinan Hessian
3. Aplikasi
Determinan Hessian dalam Ekonomi
4. Latihan Soal-soal/Membedah Kasus
|
||
7.
PENGALAMAN BELAJAR
|
Mahasiswa
mempelajari dan mendiskusikan determinan Jacobian, Hessian
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
TAHAPAN
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN MAHASISWA
|
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Pembukaan
|
Menyampaikan
ulasan determinan Jacobian, Hessian
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, serta mencatat
|
SAP,
Silabus, Rencana dan Jadwal Study Guide, Text Book, Tugas Terstruktur,
Diktat, Slide Presentasi
|
Penyajian
|
Menjelaskan
determinan Jacobian, Hessian
|
Melihat,
mendengarkan penjelasan, mencatat, bertanya dan berdiskusi
|
Idem
|
Penutup
|
Merangkum
isi pokok bahasan, memberikan evaluasi dan memberikan materi tugas latihan
terstruktur/mandiri
|
Menyimak,
mengajukan pertanyaan dan pendapat, menjawab pertanyaan evaluasi
|
Idem
|
Post
Test
|
Ujian
tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan unjuk
sikap
|
||
Referensi
|
1. Budnick,S. Frank.Applied
Mathematics for Business, Economics,and The Social Sciences.Ed.ke–4.
Singapo re: Mc Graw-Hill,1993
2. Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New
York: Mc Graw-Hill,1984
3. Dowling,Edward
T. Intruduction Mathematical Economics.
Ed. Ke-2 Singapore Mc Graw-Hill,1992
4. Nata
Wirawan.Cara Mudah Memahami Matematika
Ekonomi Lanjutan Ed.Ke –1. Denpasar : Keraras
Emas,2002(wajib)
5.
Weber,Jean E. Analisis
Matematik,Penerapan Bisnis dan Ekonomi. Jilid 1 dan 2.Edisi ke-4.Jakarta:
Erlangga,1982 (Alih bahasa:
Drs.Stephen Kakicina, MBA).
|
||
|
Dosen
:
Tanda
Tangan
|
0 komentar:
Posting Komentar