BAB I
PEMBAHASAN
1.1.
Fungsi,Kegunaan, Dan Peranan statistik.
Statistika digunakan untuk menunjukkan tubuh
pengetahuan (body of knowledge) tentang cara-cara
pengumpulan data, analisis dan penafsiran data.
a.
Fungsi statistika
Statistik
menggambarkan data dalam bentuk tertentu
Ø Statistik dapat menyederhanakan data yang kompleks
menjadi data yang mudah dimengerti
Ø Statistik merupakan teknik untuk membuat perbandingan
Ø Statistik dapat memperluas pengalaman individu
Ø Statistik dapat mengukur besaran dari suatu gejala
Ø Statistik dapat menentukan hubungan sebab akibat
b.
Kegunaan Statistika
Ø Membantu penelitian dalam menggunakan sampel sehingga
penelitian dapat bekerja efisien dengan hasil yang sesuai dengan obyek yang
ingin diteliti
Ø Membantu penelitian untuk membaca data yang telah
terkumpul sehingga peneliti dapat mengambil keputusan yang tepat
Ø Membantu peneliti untuk melihat ada tidaknya perbedaan
antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya atas obyek yang diteliti
Ø Membantu peneliti untuk melihat ada tidaknya hubungan
antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya
Ø Membantu peneliti dalam menentukan prediksi untuk
waktu yang akan dating
Ø Membantu peneliti dalam melakukan interpretasi atas
data yang terkumpul (M.Subana dkk, 2000;14)
Ø Pemerintah menggunakan statistika untuk menilai hasil
pembangunan masa lalu dan merencanakan masa mendatang
Ø Pimpinan menggunakannya untuk pengangkatan pegawai
baru, pembelian peralatan baru, peningkatan kemampuan karyawan, perubahan
sistem kepegawaian, dsb.
Ø Para pendidik sering menggunakannya untuk melihat
kedudukan siswa, prestasi belajar, efektivitas metoda pembelajaran, atau media
pembelajaran.
Ø Para psikolog banyak menggunakan statistika untuk
membaca hasil pengamatan baik melalui tes maupun obserbasi lapangan.
c.
Peranan Statistika
Di
dalam penelitian, statistika berperan untuk:
Ø Memberikan informasi tentang karakteristik distribusi
suatu populasi tertentu, baik diskrit maupun kontinyu. Pengetahuan ini berguna
dalam menghayati perilaku populasi yang sedang diamati
Ø Menyediakan prosedur praktis dalam melakukan survey
pengumpulan data melalui metode pengumpulan data (teknik sampling). Pengetahuan
ini berguna untuk mendapatkan hasil pengukuran yang terpercaya
Ø Menyediakan prosedur praktis untuk menduga
karakteristik suatu populasi melalui pendekatan karakteristik sampel, baik
melalui metode penaksiran, metode pengujian hipotesis, metode analisis varians.
Pengetahuan ini berguna untuk mengetahui ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran
serta perbedaan dan kesamaan populasi.
Ø Menyediakan prosedur praktis untuk meramal keadaan
suatu obyek tertentu di masa mendatang berdasarkan keadaan di masa lalu dan
masa sekarang. Melalui metode regresi dan metode deret waktu. Pengetahuan ini
berguna memperkecil resiko akibat ketidakpastian yang dihadapi di masa
mendatang.
Ø Menyediakan prosedur praktis untuk melakukan pengujian
terhadap data yang bersifat kualitatif melalui statistik non parametric,
Sementara menurut Sugiyono (2003:12), statistika berperan untuk:
o
Alat untuk menghitung besarnya
anggota sampel yang diambil dari suatu populasi, sehingga jumlah sampel yang
dibutuhkan akan lebih dapat dipertanggungjawabkan
o
Alat untuk menguji validitas dan
reliabilitas instrumen sebelum instrumen tersebut digunakan dalam penelitian
o
Sebagai teknik untuk menyajikan
data, sehingga data lebih komunikatif, misalnya melalui tabel, grafik, atau
diagram
o
Alat untuk menganalisis data seperti
menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian.
1.2. Kegunaan
Statistik Dalam Berbagai Bidang Ilmu
1.
Kegunaan Statistik Dalam Bidang Ilmu
mnajemen :
a.
Penentuan struktur
gaji, pesangon,tunjangan karyawan
b.
Penentuan jumlah
persediaan
c.
Evaluasi
produktivitas karyawan
d.
Evaluas kinerja karyawan.
2.
Kegunaan Statistik Dalam Bidang Ilmu
Akuntasi :
a.
Penentuan standar
audit barang dan jasa
b.
Penentu depresiasi
barang dan jasa
c.
Analisis rasio
keuangan.
3.
Kegunaan Statistik Dalam Bidang Ilmu
Keuangan :
a.
Tingkat pengembalian
infestasi
b.
Analisis
pertumbuhan laba.
4.
Kegunaan Statistik Dalam Bidang Ilmu
Pemasaran :
a.
Mengetahui
preferensi konsumen
b.
Penelitian dan
pengembangan produk
c.
Analisis
potensi,segmentasi dan diskriminasi pasar
d.
Ramalan penjualan
e.
Efektifiktas
kegitan promosi penjualan
f.
Penetepan harga.
5.
Kegunaan Statistik Dalam Bidang
Ekonomi Pembangunan :
a.
Analisis pertumbuhan
ekonomi, inflasi dan suku bunga
b.
Pertumbuhan
penduduk, pengangguran dan kemiskinan.
6.
Kegunaan Statistik Dalam Bidang
Agribisnis :
a.
Analisis produksi
tanaman, ternak,ikan dan lain- lain
b.
Kelayakan usaha dan
skala ekonomi
c.
Manajemen produksi
agribisnis
d.
Analisis ekspor dan
impor produksi pertanian.
1.3.
Fungsi Dan Kegunaan Statistik Dalam Dunia Pendidikan
Berikut gambaran perhitungan statistik status
pendidikan di Indonesia:
Fungsi
yang dimiliki oleh statistik dalam dunia pendidikan terutama bagi para pendidik
(pengajar, guru, dosen atau yang lainya adalah sebagai alat bantu. Tidak
dapat disangkal bahwa dalam melaksanakan tugasnya, seorang pendidik akan
senantiasa terlibat pada masalah penilaian atau evaluasi terhadap hasil
pendidikan setelah anak didik menempuh proses pendidikan dalam jangka waktu
yang telah ditentukan. di dalam kegiatan menilai itu, seorang pendidik
menggunakan norma tertentu; norma tersebut pada hakekatnya adalah semacam
ukuran. Hasil penilain itu biasaanya dinyatakan dalam berbagai macam cara.
namun cara yang paling umum digunakan adalah menyatakan dalam bentuk angka
(bilangan). memang hal yang di nilai itu sendiri yaitu kemajuan atau
perkembangan anak didik dalm jangka waktu tertentu-sebenarnya bersifat
kualitatif, akan tetapi diubah menjadi data yang kuantitatif. Dengan kata lain,
terhadap hasil penilaian itu dilakukan kuantifikasi. Alasan kuantifikasi
itu sudah barang tentu bermacam-macam, namun alasan yang paling utama adalah,
dengan melakukan pengubahan bahan keterangan yang bukan berupa angka
menjadi bahan keterangan yang berupa angka, pendidik akan dapat dengan secara
jelas dan tegas memperoleh gambaran mengenai kemajuan atau perkembangan yang
telah dicapai oleh anak didik, setelah menjalani proses pendidikan.
Dengan menggunakan data kuantitatif seorang pendidik
akan lebih dapat meperoleh kepastian, ketimbang menggunakan data
kualitatif. Karena dalam kegiatan penilaian hasil pendidikan cara yang
paling umum adalah dengan menggunakan data kuantitatif. maka tidak perlu
diragukan lagi bahwa statistik dalam hal ini mempunyai fungsi yang sangat
penting sebagai alat bantu, yaitu alat bantu untuk mengolah, menganalisis, dan
menyimpulkan hasil yang telah dicapai dalam kegiatan penilaian tersebut.
Bagi seorang pendidik profesional, statistik juga
memiliki keguanaan yang cukup besar, sebab dengan menggunakan statistik sebagai
alat bantu, maka pada data tersebut pendidik akan dapatkan hal-hal sebagai
berikut:
Ø Memperoleh gambaran, baik gambaran umum maupun secara
khusus tentang suatu gejala, keadaan atau peristiwa.
Ø Mengikuti perkembangan pasang-surut mengenai gejala,
keadaan atau peristiwa tsb, dari waktu ke waktu.
Ø Melakukan pengujian, apakah gejala yang satu berbeda
dengan gejala yang lain. jiak terdapat perbedaan apakah perbedaan itu merupak
perbedaaan yang berarti (meyakinkan) ataukah perbedaan itu terjadi hanya
kebetulan saja.
Ø Mengetahui apakah gejala yang satu ada hubungannya
dengan gejala yang lain.
Ø Menysusun laporan yang berupa data kuantitatif dengan
teratur, ringkas dan jelas.
Ø Menarik kesimpulan secara logis, mengambil keputusan
secara tepat dan mantap, serta dapat memperkirakan atau meramlkan hal-hal yang
mungkin terjadi di masa mendatang, dan langkah kongkrit apa yang perlu
dilakukan pendidik.
BAB
II
PENUTUP
2.1. Kesimpulan
Kegunaan Statistik adalah untuk menunjukan tentang
cara – cara pengumpulan data, menganalisis dan penafsiran data.
2.2. Saran
Kami sebagai penulis disini menyadari bahwa makalah
kami ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami
sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kesempurnaan
makalah ini.
DAFTAR
PUSTAKA
1.
Bungin, Burhan. 2006. Metode
Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta
Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta. Prenada Media Group.
2.
Hadi, S. 1995. Statistik 1, 2, 3,
Yogyakarta. Andi Offset Nazir, Mohamad. 1983. Metode Penelitian. Jakarta.
Ghalia Indonesia..
3.
Sudjana. 1992. Metoda Statistika
(Edisi ke 5). Bandung: Tarsito.
4.
Sugiyono. 2003. Statistika untuk
Penelitian, Bandung. Alfabeta.
5.
Susetyo, Budi. 2010. Statistika
Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung. PT. Refika Aditama.
6.
Walpole, R.E. 1992. Pengantar
Statistika. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
0 komentar:
Posting Komentar